Berbuat yang terbaik sekarang lebih baik dari pada hanya merencanakannya

rss

Senin, 12 Desember 2011

Jenis - jenis Kulit Wanita dan solusinya


             Sebagai wanita, kulit adalah hal yang paling sering menjadi pusat perhatian. Tanpa disadari, wanita dapat menghabiskan banyak uang demi mempercantik dan merawat kulit. Sebelum memulai perawatan kulit, terutama kulit wajah, ada baiknya Anda mengenal tipe kulit terlebih dahulu guna mendapatkan hasil maksimal. Mengetahui jenis kulit adalah dasar untuk merawat kulit wajah Anda. Berikut adalah tabel yang bisa Anda jadikan acuan untuk mengetahui jenis kulit wajah Anda. Jika Anda belum puas, lebih baik untuk berkonsultasi dengan ahli kulit agar mengetahui produk yang terbaik sesuai kondisi kulit Anda.
Jenis Jenis Kulit dan Perbedaannya :
Jenis Kulit/Masalah Kulit
Kering
Normal
Kombinasi
Berminyak
Kering vs Berminyak
Sangat kering di seluruh wajah
T-zone berminyak tapi pipi kering
T-zoner berminyak tapi pipi nyaman
Berminyak di seluruh wajah
Seberapa sering berjerawat
Jarang, 1-2 kali setahun
Kadang-kadang
Sering
Hampir setiap saat
Ukuran pori-pori
Sangat halus, hampir tidak terlihat
Kecil
Sedang
Besar
Garis senyum
Hampir di seluruh wajah
Di area mata dan bibir
Di area mata
Sedikit di area mata


Kulit kering
Wajah yang terlihat kusam serta kulit halus terkelupas akibat kekurangan cairan/pelembab merupakan ciri-ciri dari tipe kulit kering. Bersihkan wajah dua kali sehari  menggunakan pembersih wajah yang lembut (gentle cleanser) dan pembersih wajah yang mengandung krim dengan busa ringan (creamy wash).
Sebagai antisipasi, olesi pelembab yang mengandung tabir surya (sunscreen) sesaat setelah membersihkan wajah, agar pelembab dapat terserap dengan sempurna. Pelembab tabir surya (sunscreen) yang mengandung formula krim antioksidan, dimethicone, minyak biji anggur/ petrolatum dapat mencegah kekurangan air pada kulit.

Kulit Kombinasi
Kebanyakan orang memiliki jenis kulit yang kering dibagian pipi dan didaerah T-Zone (kening, hidung, dan dagu) yang cenderung berminyak, bila Anda menghadapi kulit kering nan berminyak maka bisa dipastikan Anda memiliki kulit kombinasi. Produk perawatan yang tepat dapat mengatasi kulit kering serta menjaga keseimbangan pH (Potential of Hydrogen). Gunakan pembersih wajah yang ringan untuk menjaga Sebum pada kulit, lotion berbahan tabir surya yang berspektrum luas (broad-spectrum sunscreen) bisa menjadi pilihan Anda.

Kulit Berminyak & Berjerawat
Kulit berminyak yang disertai jerawat banyak ditemukan pada anak remaja (pubertas) meskipun sebagian orang dewasa juga mengalami masalah ini. Kulit berminyak/jerawat perlu dibersihkan wajah sebanyak dua hingga tiga kali sehari. Namun, sering membersihkan wajah  dapat meningkatkan produksi minyak, sehingga keseimbangan harus dijaga berdasarkan kebutuhan kulit setiap individu. Dengan menggunakan pembersih, bebas minyak berbusa non-comedogenic yang mengandung salicylic acid/benzoyl peroxideberguna untuk mencegah jerawat.

Kulit Sensitif
 Ada Saru lagi yaitu kulit sensitif, Berbeda dengan tiga jenis kulit sebelumnya,  kulit sensitif harus lebih waspada dan peka dalam perawatan kulitnya. Pemililk kulit sensitif hanya diperbolehkan membersihkan wajah sehari sekali untuk menghindari pengelupasan kulit. Hindari pemakaian produk yang mengandung wewangian, sabun, atau alkohol mengurangi resiko kulit menjadi sensitif. Kandungan  produk seperti lipoic acid, glycolic acid dansalicylic acid dapat menyebabkan iritasi kulit. Pilihlah perawatan kulit yang berbahan dasar green tea polyphenols, chamomile, danaloe vera bisa jadi solusi.

0 komentar:

Posting Komentar